Analisi Kesalahan Berbahasa

0
dialog-speach-bubbles-clouds-1023x1
Pengertian Analisis Kesalahan Bahasa

   Dalam literatur tentang pengajaran bahasa, para sarjan membedakan dua macam kesalahan berbahasa. Dalam literatur bahasa inggris dipergunakan istilah dan dibedakan mistake dan error. Pit. S. Corder membedakan dua macam kesalahan, yakni (1) kesalahan berbahasa yang terjadi tidak secara sistematis dalam tutur seseorang dan (2) kesalahan berbahasa yang terjadi secara sistematis pada tutur seorang yang belajar bahasa. Dua tipe kesalahan ini dihubungkan dengan konsep Noam Chomsky performance dan competence. Ada kesalahan yang disebabkan oleh dan dalam fakta performance dan ada pula kesalahan yang disebabkan oleh faktor-faktor competence. Berdasarkan konsep itu, Pit S. Corder memberikan perbedaan antara mistake, dan error. Begitu juga dalam sebuah kamus kebahasaan,analisis kesalahan diartikan sebagai berikut” the study and analysis of the errors made by second language learners”.
   Mistake adalah penyimpangan yang disebabkan oleh faktor-faktor performance seperti keterbatasan ingatan, mengeja dalam lafal, tekanan emosional, dan sebagainya. Kesalahan seperti ini mudah diperbaiki jika penutur atau pembicara diingatkan. Sedangkan error adalah penyimpangan-penyimpangan yang sistematis dan konsisten dan menjadi ciri khas berbahasa siswa yang belajar bahasa pada tingkat tertentu. Pit. S. Corder menyatakan ciri kunci ialah : “ that the learner is using a definite system of language at every point in his development, although it is not… that of the second manguage… the learner’s error’s systemand are them selves systematic.(Pit. S. Corder, 1981, hal. 16)

    Pit. S. Corder malah menggusulkan penggunaan istilah transitional competence kompetensi peralihan yang menunjuk kepada system antara yang dilakukan oleh siswa bahasa menuju bahasa yang dipelajari.(Pit. S. Corder, 1981,Ham.10 )
   Chrystal (dalam pateda 1989:32) mengungkapkan bahwa analisis kesalahan adalah sebuah teknik untuk mengidentifikasi atau menginterprestasikan sistematis kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa yang sedanga belajar bahasa asing atu bajsa kedua dengan menggunakan bahasa asing atau bahasa kedua dengan menggunakan teori-teori atau prosedur-prosedur berdasarkan linguitik. Dengan adanya analisis,pendidik dapat mengatahui kesalahan-kesalahan berbahasa apa saja yang dilakukan oleh pembelajar,juga factor-faktor yang mempengaruhi munculnya kesalahan-kesalahan tersebut.

Contoh Analisis Kesalahan Berbahasa
Salah
Benar
  1. Rasanya panas, kalau malam tidur di kamar, harus pakai kipas terus”kata suci.
  2. “menjual barang tidak bisa memaksa orang membeli” ujar siti.
  3. Lokasi kejadian jauh dari permukiman warga.
  4. Ayah empat anak itu seakan tidak memedulikan gas yang menyembur 5 meter dari warungnya.
  1. “Udaranya panas, kalau malam tidur di kamar, harus pakai kipas terus” kata suci.
  2. “menjual barang tidak bisa memaksa orang untuk membeli” ujar siti.
  3. Lokasi kejadian jauh dari pemukiman warga.
  4. Ayah empat anak itu seakan tidak memperdulikan gas yang menyembur 5 meter dari warungnya.