Pengaruh bahasa pergaulan dalam perkembangan bahasa indonesia

0
"PENGARUH BAHASA GAUL DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA"
REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -— Pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah formal belum menjamin seseorang menerapkannya secara baik. Pasalnya, saat ini kebanyakan masyarakat, terutama pelajar maupun mahasiswa lebih memilih menggunakan bahasa gaul yang tidak jelas. "Bertahun-tahun diajarkan di sekolah, tetap saja menggunakan bahasa yang keliru," ujar Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Sakti Alamsyah, di sela-sela Seminar Perkembangan Bahasa Indonesia, Senin (5/3).
Ironisnya, kata Sakti, kesalahan menggunakan Bahasa Indonesia juga turut dilakukan tokoh terpandang yang seharusnya memberikan teladan. Kesalahan serupa pun banyak dilakukan para mahasiswa ketika menulis dalam karya ilmiah.
Hal itu diakui oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Mulyono. Menurutnya, lamanya jam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah belum mampu menandingi pengaruh lingkungan. Pemakaian Bahasa Indonesia yang baku mulai luntur dengan bahasa gaul yang kesasar. Oleh karena itu, kata Mulyono, Pemkot Sukabumi berupaya menggugah kesadaran warga untuk berbahasa Indonesia sesuai dengan tata bahasa.
ANALISIS :
Menurut saya, bahasa gaul sangat tidak manusiawi, dan hanya merusak generasi masa depan, khusus nya anak-anak kecil yang mudah menyerap perkataan orang dewasa, itu membuat anak-anak mudah terbawa arus zaman sekarang, yang bias membuat masa depan anak itu akan suram.
                Bahasa gaul itu bahasa yang lambat laun, makin menguasai dan mambuat menurunnya bahasa Indonesia asli, bahkan bahasa gaul sudah hampir setiap hari dan hamper menjadi bahasa wajib anak muda zaman sekarang, mari kita lestarikan bahasa Indonesia asli dan menggunakan bahasa baik dan benar sesuai EYD.
CONTOH KASUSNYA :
           Dalam penggunaan bahasa pergaulan ada beberapa dari sekian banyak orang yang menggunakan bahasa pergaulan untuk berbicara dengan lawan yang lebih tua dari lawan pembicaranya, untuk itu penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD di gunakan untuk berbicara dengan lawan bicara yang lebih tua dari kita sehingga tercipta tatakrama dan sopan santun yang lebih baik dari sebelumnya.

Nama : Sunu Pratomo
Kelas : 3KA34
NPM : 19110540